Tuesday, November 22, 2011

Cara Mengatasi Flashdisk yang Mendadak Meminta Format

Flashdisk mendadak meminta format ??? wow dasyat,,,,!!!
padahal sebelumnya jalan loh....hmmm banyak asumsi kalau itu semua bisa terjadi dikarnan virus, data corupt, atau tipe disk berubah menjadi FAT32 sehingga FD kita meminta untuk memformat ulang sebelum di gunakan.. jelasnya kietika kita masukan FD kita ke PC/netbook maka akan muncul Dialog Message seperti ini :


Opss.... apa yang harus kita lakukan ??? di format langsung kah ? atau di Cancel kah ?? yang pasti ketika memformat diks maka data yang data di dalam FD kita akan hilang (lossing) , tetapi kalau kita menekan cancel maka akan tampil dialog message lagi seprti ini :


yang intiny tetep FD kita tidak bisa di akses/di gunakan dan tetap harus di format ulang..pilihan yang membingungkan .... X_X..
ada solusi yang di tawarkan oleh mbah google..

1. kita format ulang FD kita kemudan kita menggunakan tools recovery seperti Handy Recovery, dll. saya pernah melakukan itu dan hasilnya data probability (good) tetapi ketika saya beckup datanya seteah saya scan datanya hanya sekitar 20% yang bisa ke buka.. sisanya data di dalamnya hancur takkaruan walaupun probability nya menyatakan baik. ( ya namanya juga kemungkinan kan) heee  atau ketika menggunakan aplikasi recovery yang lain ketika sudah menscan dan ketika akan membackup data kita muncul permintaan registrasi atau serial key... haduuuhhh selalu saja... ^_^

2. FD kita jangan dulu di format, kita akan gunakan tools yang bisa membaca isi dari FD terssebut kemudian kita backup data kita ke hardisk lain semuanya.. kemudian hasilnya Alhamdulillah 100% data saya kembali dengan normal tanpa ada yang corupt.. pengen tau software nya ? kita bisa menggunakan salah satunya : Data Recorvery Wizar , bisa di download di sini , aplikasinya free ,,
tampilannya seperti ini :
caranya : setelah di download dan di install kemudian buka aplikasinya,, setelah itu ada 3 pilihan di sana seperti gambar yang di atas.. kemudia pilih  Partition Revorvary  kemudian akan muncul seperti ini : 

stelah muncul gambar seperti ini, tentukan Hardisk atau FD kita yang akan kita scan datanya , dan klik next dah itu akan terjadi proses scan data, tunggu hingga selesai :

setelah selesai makan akan tampil seperti ini :

kemudian tekan NEXT kembali makan akan muncul sepert ini :

dan akhirnya keluar dah deroctary yang ada di FD kita... walaupun kita tidak bisa mengakses dari FDnya langsung.. tp kita bisa membaca datanya,, selanjutkan kita ceklist data-data yang ingin kita backup.. kemudian tekan NEXT.. dan tentukan tempat dimana data kita akan di backup...hasilnya akan seperti ini,, :

nah file backupnya di simpen di folder dengan nama "1 FAT32"..  nah kl dah keluar folder seperti itu kita bisa bernapas lega dan jangan lupa mengucap Alhamdulillah.. karena walau gmnpun semuanya Allah yang memberikan jalan kepada kita,, oc .. ^_^

namun di batasi kita hanya bisa membackup data kita sampai 1 GB saja, kalau sudah melebihi itu maka akan minta upgrade ke yang Premium.. waaahhh gmn dunk.. ya lumayan lah daripada semua data kita hilang.... hehehee

tapi santai az saya punya yang aplikasi yang pro nya nih,...heheee gak ada yang tidak bisa di dunia ini mah kawan.... silahkan anda DOWNLOAD DISINI untuk mendapatkan aplikasi yang PRO unlimited... oc



 

Walaupun demikian kita harus lebih waspada dengan data kita karna data kita adalah bisa di katakan nyawa dalam dunia kerja/pendidikan kita,, SO jangan sampe virus atau human error yang membuat data kita menjadi hilang..

sekian dulu dari saya,, semoga pengalaman saya dapat menjadi hikmah buat semua dan bermanfaat bagi semuanya apabila mendapatkan kasus yang sama dengan saya...intinya jangan terburu dalam bertindak,,,, cari referensi atau tanya2 dl tanyakan ke MBAH GOOGLE... ^_^




Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Copyrigth by Komunitas Android UIN SGD Bandung | Bloggerized by gie_3rd - IF.CUNGUR 2009 | Pasukan Berani Malu, West,Java