Wednesday, February 9, 2011

Bahasa Pemograman dalam dunia Informatika

Bahasa pemrograman adalah bahasa yamg digunakan untuk membuat suatu program. Bahasa pemrograman terbagi atas dua bagian yaitu, Bahasa Tingkat Rendah (Low level language) dan Bahasa Tingkat Tinggi ( high level language.)
Bahasa tingkat rendah adalah bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa manusia yang disingakat. Misalnya untuk instruksi LOAD AND JUMP ini ditulis LNJ.  Bahasa seperti ini disebut dengan bahasa ASSEMBLER.
Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrigraman yang mendekati dengan bahasa manusia.  Menurut sejarhnya bahasa tingkat tinggi adalah sebagai berikut:
Bahasa FORTRAN
FORTRAN adalah singkatan dari Formula Translation (penterjemah rumus). FORTRAN diciptkan pada tahu 1957 oleh John Backbus dari IBM.  Bahasa ini merupakan bahasa tingkat tinggi pertama yang dibuat.
FORTRAN sangat popular di kalangan perguruan tinggi dan meruoakan bahasa andalan para dosen dam mahasiswa. Insruksinya yamg biasa disebut ‘keyword’ berjumlah tidak cukup 20 buah sehingga mudah dipelajari. Instruksinya antara lain : DIMENSION, COMPLEX, CHARAACTER, WRITE, READ, FORMAT, DO/CONTINUE, IF, GO TO, PAUSE, END.

Bahasa COBOL
COBOL  adalah singkatan dari Common Bussines Oriented Language yang berarti bahasa yang cenderung ke bisnis umum. Dari namanya terlihat bahwa COBOL memang diciptkan untuk keperluan bisnis umum (administrasi). Timbulnya COBOL adalahkeingina kaum pebisnis  untuk mendapatkan bahas sendiri. Dengan inisiatif dari Badan Perthana Amerika Serikat diciptkan bahasa yang ampuh untuk persoalan- persoalan administrasi pada tahun 1960.
COBOL  disempurnakan teru menerus, naming tetap memakai nama COBOL. Personal Computer (PC) atau computer pribadi juga merupakan penyempurnaan COBOL. Beberapa instansi, terutama yang mengelola data yamg cuku banyak sampai saat ini masi menggunakan bahasa ini.

Bahasa BASIC
BASIC adalah singktan dari Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code atau kode instruksi yang disimbolkan untuk segala tujuan bagi pemula.
Kedua bahasa tingkat tinggi yang terdahulu , yaitu FORTRAN dan  COBOL masi dianggap sulit untuk orang yang baru belajar saat itu. Oleh karena itu, kalangan perguruna tinggi menciptkan bahasa yang dapat dipakai untuk pemecahan soal sains dan teknologi, tetapi juga untuk keperluan administrasi bisnis (administrasi). Dengan demikin mucullah bahasa BASIC yang memenuhi harapan itu. Bahasa ini kaya akan instruksi-instruksi dasar dan instruksi tambahan sehingga juga dapat dipakai sebagai hiburan yang dilengkapi dengan suara dan gambar.

Bahasa PASCAL
Bila bahasa-bahasa sebelumnya lahir di Amerika, maka bahasa PASCAL lahir di Eropa yaitu di Swiss oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematik  dan  philosophi terkenal pada abad 17 dari Prancis. Namanya diambil sebagai pengharggaan atas dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan. Sampai sekarang ada beberapa versi dari bahasa PASCAL  diantaranya UCDS(University Of California at San Diego Pascal, Standard Pascal, MT + Pascal, dan Turbo Pascal.

C dan C++
Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pendahulu dari bahasa pemrograman C++. Pencipta bahasa pemrograman C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie pada sekitar tahun 1972. C adalah bahasa pemrograman terstruktur yang membagi program dalam bentuk sejumlah blok. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengembangan program.
Bahasa pemrograman C++ diciptakan satu dekade setelah C oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1983. Pada mulanya bahasa C++ disebut dengan “a better C”. Nama C++ kemudian diberikan oleh Rick Mascitti pada musim panas 1983. Adapun tanda ++ pada C++ berasal dari nama operator penaikan pada bahasa C. Keistimewaan yang sangat berarti pada C++ adalah karena bahasa C++ mendukung Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) atau Object Oriented Programming (OOP).
Kompiler dari bahasa C/C++ ini bisa menggunakan Borland C++ ( softwarenya dapat di download disini )

JAVA
Java menurut definisi dari SUN adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone  ataupun pada lingkungan jaringan. Java2 adalah generasi kedua dari Java platfoam (generasi pertamany adalah Java Devlopment Kit). Java berdiri atas sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JMV inilah yang akan membaca bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin. oleh karena itu bahasa Java disebut sebagai bahasa pemograman yg portable karena dapat dijalnkan pada berbagai sistem operasi, asalkan sistem operasi tersebut terdapat JVM.

 Platform Java terdiri dari kumpulan library, JVM, kelas-kelas loader yang dipaketkan dalam sebuah lingkungan rutin Java, dan sebuah compiler, debuger, dan perangkat lainnya yang dipaket dalam Java Devlopment Kit (JDK). Java2 adalah generasi yang sekarang sedang berkembang dari platform Java. Agar sebuah program Java dapat dijalankan , maka file dengan ekstensi .java harus dikopilasi menjadi file bytecode. untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE ( Java Runtime Environment ) yang memungkinkan pemakaian untuk membuat kode baru lagi.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Copyrigth by Komunitas Android UIN SGD Bandung | Bloggerized by gie_3rd - IF.CUNGUR 2009 | Pasukan Berani Malu, West,Java