Monday, April 11, 2011

Basic Coding Java



Bagaimana Membuat Komentar Program
  •  Komentar digunakan untuk mendokumentasikan apa yang dilakukan oleh program, blok program atau baris kode tertentu.
  • Komentar dapat disertakan dan diletakkan dimana saja dalam program.
  • Dalam praktek, komentar biasanya diletakkan di bagian awal program untuk memberikan keterangan umum mengenai program. Selain itu, komentar juga digunakan untuk memberikan keterangan bagian program yang sulit dipahami atau baris kode yang memerlukan penjelasan.
  • Untuk membuat blok komentar digunakan tanda /* dan diakhiri */. 
  • Untuk membuat end-of-line comment, digunakan tanda // diikuti keterangan program.
Bagaimana Membuat Statemen
  •  Statemen dalam sebuah program Java menentukan operasi program. Membuat statemen dapat dimulai di sembarang baris dan menyertakan tanda semicolon (;) sebagai akhir statemen.
  • Jika statemen memerlukan sepasang tanda kurung {}, akhiri dengan tanda kurung tutup.
  • Agar program mudah dibaca, gunakan spasi dan identasi untuk meluruskan baris statemen maupun bagian dari statemen.
Bagaimana Membuat Identifier
  • Di dalam sebuah program, kita harus membuat dan menggunakan identifier, baik untuk program maupun variabel yang digunakan oleh program.
  • Identifier (pengenal) adalah nama yang dibuat dalam program, nama tersebut dapat berupa nama untuk program, kelas, method, variabel, dan lain-lain.
  • Java bersifat case-sensitive, sehingga dalam membuat dan menggunakan identifier, penulisan dengan huruf besar harus diperhatikan. Contoh: CustomerName dan Customername, dianggap sebagai dua identifier yang berbeda.
  • Aturan penamaan identifier:
    • Awali identifier dengan huruf, underscore, atau $ (dollar sign). Gunakan kombinasi huruf, dollar sign, underscore, atau digit untuk karakter berikutnya.
    • Panjang karakter hingga 255 karakter.
    • Tidak boleh menggunakan keyword Java. 
Valid identifier:
- InvoiceApp                 - getOrderTotal                          - TITLE                        x
- Book                          - $_64_valid                               - BookGUI                  _orderTotal
  • Pada waktumembuat sebuah identifier, disarankan menggunakan nama yang berarti dan mudah diingat.
  • Untuk membuat nama yang berarti, gunakan sesuai dengan karakter yang diperlukan. Contoh, netPrice akan lebih berarti dari pada nPrice atau np.
  • Untuk membuat nama yang mudah diingat, harus dihindarkan penyingkatan. Contoh, newCustomer akan lebih mudah diingat dari pada nwCst atau nCust.
  • Java tidak membolehkan membuat identifier yang sama dengan
    keyword Java.
  • Keyword Java:
Abstract
Abstract adalah kata kunci digunakan untuk menyatakan kelas atau metode untuk menjadi Abstract. Sebuah metode abstrak tidak memiliki implementasi; semua kelas yang berisi metode abstrak harus diri mereka abstrak, walaupun tidak semua kelas abstrak memiliki metode abstrak.Objek dari kelas yang abstrak tidak dapat instantiated, tetapi dapat diperpanjang oleh kelas lain. Semua subclass dari kelas abstrak baik harus menyediakan implementasi untuk semua metode abstrak, atau juga harus abstrak.

Assert
Aserrt kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar di titik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, suatu Assertion error dilemparkan dan program berakhir. Kata kunci ini dimaksudkan untuk membantu dalam debugging .

Boolean
Boolean kata kunci digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan suatu nilai boolean, yaitu, baik true atau false. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.

Break
Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program di pernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini atau pernyataan.jika diikuti oleh sebuah label , program resume eksekusi pada pernyataan segera setelah pernyataan berlabel melampirkan atau memblokir.

Byte
Byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte

Case
Case kata kunci digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch.

Catch
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan di blok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci. Kode itu akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adalah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa.

Char
Char  kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe char.

Class
Suatu jenis yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek tertentu. Sebuah definisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan, metode, dan kelas batin serta menentukan antarmuka kelas dan segera mengimplementasikan superclass kelas. Jika superclass tidak secara eksplisit ditentukan, superclass secara implicit object.

Const
Meskipun reserved sebagai kata kunci di Jawa, const tidak digunakan dan memiliki fungsi.

Continue
Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop saat ini. Jika diikuti dengan label, continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop berlabel melampirkan.

Default
Default dapat digunakan dalam sebuah pernyataan switch untuk label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika tidak ada case cocok dengan nilai yang ditentukan.

Do
Do kata kunci yang digunakan bersama dengan while untuk membuat sebuah do-while loop, yang menjalankan suatu blok statemen berkaitan dengan loop dan kemudian tes ekspresi boolean yang terkait dengan while. Jika ekspresi bernilai true , blok dijalankan lagi, ini terus sampai ekspresi bernilai false.

Double
Double kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe double.

Else
Else kata kunci yang digunakan bersama dengan if untuk membuat pernyataan if-else yang menguji suatu ekspresi boolean,  jika ekspresi bernilai true , blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang terkait dengan else dievaluasi.

Enum
Sebuah Java kata kunci yang digunakan untuk mendeklarasikan tipe enumerasi.  Mantri memperpanjang kelas dasar enum.


Extends
 Digunakan dalam sebuah deklarasi kelas untuk menentukan superclass; digunakan dalam deklarasi interface untuk menentukan satu atau lebih superinterfaces. Kelas X Y meluas kelas untuk menambah fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan meng-override metode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih interface dengan menambahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y kelas; Interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah parameter ketik Generics.

Final
Mendefinisikan entitas sekali yang tidak dapat diubah atau berasal dari nanti. Lebih spesifik: sebuah kelas akhir tidak dapat subclassed, metode akhir tidak dapat diganti, dan variabel final dapat terjadi paling banyak sekali sebagai ekspresi kiri. Semua metode di kelas terakhir secara implisit final .

Finaly
Digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statemen untuk blok yang ditetapkan sebelumnya oleh try kata kunci. Yang finally blok dijalankan setelah keluar eksekusi try blok dan apapun yang terkait catch klausa terlepas dari apakah pengecualian terlempar atau tertangkap, atau eksekusi meninggalkan metode di tengah try atau catch blok menggunakan return kata kunci.

Float
Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit presisi tunggal IEEE 754-angka floating point. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe float.

For
For kata kunci digunakan untuk membuat loop , yang menetapkan inisialisasi variabel, suatu ekspresi boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true , blok pernyataan yang berhubungan dengan loop dijalankan, dan kemudian incrementation yang dilakukan. Ekspresi boolean kemudian dievaluasi lagi, ini terus sampai ekspresi bernilai false.pada J2SE 5.0, maka for kata kunci juga dapat digunakan untuk membuat apa yang disebut ditingkatkan untuk loop, yang menentukan sebuah array atau interable objek; setiap iterasi dari loop mengeksekusi blok terkait laporan menggunakan elemen yang berbeda dalam array atau Iterable.

Goto
Meskipun reserved sebagai kata kunci di Java, goto tidak digunakan dan memiliki fungsi pada java.

If
If kata kunci digunakan untuk membuat pernyataan jika yang menguji suatu ekspresi boolean, jika ekspresi bernilai true , blok pernyataan yang berhubungan dengan jika pernyataan dijalankan. Kata kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat pernyataan jika-lain.

Implement
Termasuk dalam sebuah deklarasi kelas untuk menentukan satu atau lebih interface yang diimplementasikan oleh kelas saat ini. Kelas A mewarisi jenis dan metode abstrak dinyatakan oleh interface.

Import
Digunakan pada awal sebuah file sumber untuk menentukan kelas atau seluruh paket JAVA untuk disebut kemudian tanpa termasuk paket-paket mereka nama-nama dalam referensi. Sejak J2SE 5.0, import laporan dapat mengimpor static anggota kelas.

Instanceof
Sebuah operator biner yang menggunakan sebuah referensi obyek sebagai operan pertama dan kelas atau antarmuka sebagai operan kedua dan menghasilkan hasil Boolean. operator bernilai true jika dan hanya jika jenis objek runtime adalah tugas kompatibel dengan kelas atau interface.

Int
Int kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe int

Interface
Digunakan untuk menyatakan tipe khusus kelas yang hanya berisi metode abstrak, konstan ( static final ) Bidang dan static interface. Hal ini nantinya dapat diimplementasikan oleh kelas yang menyatakan antarmuka dengan implements kata kunci.

Long
Long kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe long

Native
Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan bahwa metode ini tidak diimplementasikan dalam file sumber Jawa yang sama, melainkan dalam bahasa lain.

New
Digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah kelas atau array.

Package
Sekelompok jenis. Paket dinyatakan dengan package kata kunci.

Private    
Private kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin; anggota swasta hanya dapat diakses oleh anggota lain dari kelas mereka sendiri.
Protected
Protected kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin; anggota yang dilindungi hanya dapat diakses oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang sama.

Public
Public kata kunci yang digunakan dalam deklarasi metode, kelas, atau bidang, kelas umum, metode, dan bidang dapat diakses oleh anggota dari setiap kelas.

Return
Digunakan untuk menyelesaikan pelaksanaan metode. Hal ini dapat diikuti oleh suatu nilai yang diperlukan oleh definisi metode yang dikembalikan ke pemanggil.

Short
Short kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang bisa menampung 16-bit integer melengkapi menandatangani dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe short.

Static
Digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan, metode atau kelas batin sebagai bidang kelas. Kelas mempertahankan satu salinan bidang kelas terlepas dari berapa banyak contoh yang ada dari kelas itu. static juga digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode sebagai metode kelas. Kelas metode yang terikat ke kelas, bukan ke contoh spesifik, dan hanya dapat beroperasi pada kolom kelas. (Kelas dan interface dideklarasikan sebagai static anggota lain kelas atau interface sebenarnya top-level kelas dan tidak inner class.)

Strictfp
Sebuah Java kata kunci yang digunakan untuk membatasi presisi dan pembulatan perhitungan floating point untuk memastikan portabilitas.

Super
Digunakan untuk mengakses anggota kelas diwariskan oleh kelas di mana ia muncul. Memungkinkan subclass untuk mengakses ditimpa metode dan anggota tersembunyi dari superclass nya. Super  kata kunci juga digunakan untuk meneruskan panggilan dari konstruktor ke konstruktor di superclass. Juga digunakan untuk menentukan batas bawah pada sebuah parameter ketik Generics.

Switch
Switch kata kunci digunakan dalam hubungannya dengan case dan default untuk membuat pernyataan switch, yang mengevaluasi sebuah variabel, nilai cocok untuk tertentu case , dan mengeksekusi blok pernyataan terkait dengan case . Jika tidak ada case nilai cocok, blok opsional diberi label oleh default dieksekusi, jika dimasukkan.
 
Synchronized
Digunakan dalam deklarasi atau blok kode metode untuk mendapatkan mutex  kunci untuk objek sedangkan saat benang  mengeksekusi kode. Untuk metode statis, objek terkunci adalah kelas ' Class . Menjamin bahwa paling banyak satu thread pada waktu operasional pada obyek yang sama mengeksekusi kode tersebut. Kunci mutex secara otomatis dilepaskan ketika keluar eksekusi kode disinkronisasi. Fields, kelas dan interface tidak dapat dinyatakan sebagai disinkronisasi.

This
Digunakan untuk mewakili sebuah instance dari kelas di mana ia muncul. this dapat digunakan untuk mengakses anggota kelas dan sebagai referensi untuk contoh saat.Yang this kata kunci juga digunakan untuk meneruskan panggilan dari satu konstruktor di kelas untuk konstruktor lain di kelas yang sama.

Throw
Penyebab contoh pengecualian dinyatakan dibuang. Hal ini menyebabkan eksekusi untuk melanjutkan dengan pengecualian penangan melampirkan pertama dinyatakan oleh catch kata kunci untuk menangani exception jenis tugas yang kompatibel. Jika tidak ada handler pengecualian tersebut ditemukan dalam metode yang sekarang, maka kembali metode dan proses ini diulang dalam metode panggilan. Jika tidak ada handler ditemukan pengecualian dalam pemanggilan metode di stack, maka pengecualian dilewatkan ke handler pengecualian thread itu tidak tertangkap.

Throws
Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan pengecualian tidak ditangani dalam metode melainkan diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi berikutnya program. Semua tertangkap pengecualian dalam sebuah metode yang tidak kasus RuntimeException harus dideklarasikan menggunakan throws kata kunci.

Transient
Menyatakan bahwa medan contoh bukan bagian dari default serial bentuk objek. Ketika suatu objek serial, hanya nilai-nilai bidang non-sementara perusahaan misalnya dimasukkan dalam representasi serial default. Ketika suatu objek deserialized, ladang sementara yang diinisialisasi hanya untuk nilai default mereka. Jika bentuk standar tidak digunakan, misalnya ketika sebuah tabel serialPersistentFields ini dideklarasikan pada hirarki kelas, semua 'sementara' kata kunci diabaikan.

Try
Mendefinisikan blok pernyataan yang telah exception handling. Jika pengecualian dilemparkan dalam try blok, opsional catch blok dapat menangani menyatakan jenis pengecualian. Juga, opsional finally blok dapat dideklarasikan yang akan dijalankan ketika keluar eksekusi try blok dan catch klausa, terlepas dari apakah pengecualian dibuang atau tidak. Sebuah try blok harus memiliki minimal satu catch klausa atau finally blok.

Void
void kata kunci digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metoda tidak mengembalikan nilai apapun.

Volatile
Digunakan dalam deklarasi lapangan untuk menentukan bahwa variabel yang diubah asynchronously oleh bersamaan menjalankan thread. Metode, kelas dan interface sehingga tidak dapat dideklarasikan volatile.

 While
while kata kunci digunakan untuk membuat loop sementara , yang menguji suatu ekspresi Boolean dan mengeksekusi blok pernyataan yang berhubungan dengan loop jika ekspresi bernilai true ; ini terus sampai ekspresi bernilai false . Kata kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah do-while-loop.

Bagaimana Mendeklarasikan Kelas
  • Pada waktu membangun sebuah aplikasi Java, programmer membuat satu atau lebih kelas untuk melakukan pemrosesan dalam program, dan pada setiap kelas yang dibuat terdapat satu pendeklarasian kelas.
  • Sintaks untuk mendeklarasikan sebuah kelas dalam Java, dinyatakan dalam kode seperti berikut:
               public | private class className {
                             statment ;
                      }
  • Tada bar (|) dalam sintaks, artinya programmer dapat memilih diantara dua item pilihan yang dipisahkan oleh tanda tersebut. Dalam hal ini, berarti programmer dapat memulai pendeklarasian kelas dengan kata public atau private. 
  • Kata public dan private disebut sebagai access modifier, yang
    mengontrol scope suatu kelas. Jika suatu kelas dideklarasikan
    dengan access modifier public, maka kelas tersebut dapat
    diakses oleh kelas-kelas lain dalam program.
  • Jika sebuah kelas akan disimpan sebagai file Java ke dalam
    disk, maka nama dari file tersebut harus sama dengan nama
    kelasnya, dan dengan ekstensi .java. Sebagai contoh, untuk
    kelas yang bernama InvoiceApp harus disimpan dengan nama
    file InvoiceApp.java.
    public class InvoiceApp { // awal kelas 
          public static void main (String[]args){
              System.out.println("Invoice Application");
          }
    } // akhir kleas

Aturan penamaan kelas:
• Awali nama kelas dengan huruf besar
• Gunakan huruf dan angka saja
• Ikuti aturan penamaan untuk identifier


Rekomendasi:
• Awali setiap kata dalam nama kelas dengan huruf besar.
• Setiap nama kelas harus merupakan kata benda atau kata benda yang
didahului oleh satu atau lebih kata sifat (adjective).


sumber : U Tresna Lenggana, MT / Dosen Informatika UIN SGD Bandung
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Copyrigth by Komunitas Android UIN SGD Bandung | Bloggerized by gie_3rd - IF.CUNGUR 2009 | Pasukan Berani Malu, West,Java